Klaim Barang Rusak di JNE

Tidak lama setelah mempublikasikan online shop saya, akhirnya datang juga pembeli pertama. Senang sekali rasanya pada saat ada pembeli, apalagi ini adalah pembeli pertama yang akhirnya memesan barang dari toko saya. Barang yang dibeli pada saat itu adalah kalung Harry Potter: Hermione Time Turner, kalung yang digunakan oleh Hermione dalam kisah Harry Potter untuk kembali ke masa lalu dan mengambil pelajaran dari beberapa kelas yang berbeda yang diadakan pada saat yang bersamaan. Kalung time turner ini jugalah yang digunakan oleh trio Harry Potter, Hermione dan Ron Weasley untuk menyelamatkan Buckbeak milik Hagrid. Kalung tersebut tampak seperti ini:

Kalung Hermione Time Turner

Kalung Hermione Time Turner

Kembali ke cerita penjualan pertama saya tersebut. Setelah melihat dan mempelajari cara packing yang dilakukan oleh supplier untuk mengirimkan barang ke saya, saya pun mengikuti cara mereka karena barang terbukti tiba di tempat saya dengan aman dan tidak rusak. Kalung tersebut saya bungkus dengan bubble wrap dan kemudian saya masukkan ke dalam amplop seperti ini:

kalung dibungkus bubble wrap

kalung dibungkus bubble wrap

Keesokan harinya barang tersebut sampai di tangan pembeli. Pengiriman ini termasuk cepat padahal saya menggunakan layanan JNE regular, bukan layanan YES (Yakin Esok Sampai). Mungkin karena kami (penjual dan pembeli) berada di dalam satu kota yang sama (Jakarta) jadi barang tersebut cepat sampai. Sayangnya pembeli memberikan kabar buruk yaitu jam pasir yang di tengah kalung tersebut pecah.

Kalung pecah

Kalung pecah

Karena kalung tersebut pecah bukan karena kesalahan pembeli, sayapun segera memberikan kompensasi kepada pembeli dengan mengirimkan lagi kalung yang baru ke pembeli tersebut. Kali ini saya membuat kardus sendiri karena takut barang tersebut pecah. Untungnya pada pengiriman kedua ini kalung tersebut tiba dengan selamat dan tidak rusak, pembeli pun puas dengan kalung tersebut.

Saya juga meminta foto jelas dari pembeli untuk dapat mengajukan klaim ke JNE, karena barang tersebut rusak ketika berada dalam proses pengiriman. Setelah mengumpulkan berbagai foto berupa kondisi barang sebelum dikirim, kondisi barang setelah dipacking dan kondisi barang ketika tiba di penerima, saya mengirimkan email ke customer service JNE customercare@jne.co.id dengan memberikan data-data sebagai berikut:

  • Airway bill number
  • Jenis layanan yang digunakan
  • Isi kiriman
  • Nama penerima
  • Nomor telepon penerima
  • Alamat penerima
  • Nama pengirim
  • Nomor telepon pengirim
  • Tanggal pengiriman
  • Agen pengiriman
  • Keluhan
  • Lampiran berupa foto-foto yang saya kumpulkan tadi saya rangkum dalam satu file pdf sebagai attachment

Keesokan harinya pihak JNE pun menanggapi email saya dengan baik dan menyatakan akan melakukan pengecekan lebih lanjut atas keluhan saya tersebut. Hari berikutnya setelah email pertama dari JNE, pihak JNE kembali menghubungi saya (pertama melalui telepon, tetapi karena kebetulan saya tidak berada di dekat telepon ketika ditelepon oleh pihak JNE, akhirnya JNE kembali mengirimkan email kepada saya. Kali ini saya diminta mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan oleh pihak JNE untuk memproses keluhan saya lebih lanjut. Dokumen-dokumen yang diminta berupa:

  • Resi asli
  • Nota/faktur
  • Form klaim (sudah ada form khusus dari JNE, dikirimkan melalui email kepada saya dalam format Ms. Word)
  • Fotokopi KTP

Setelah melengkapi dokumen-dokumen tersebut saya mengirimkan dokumen tersebut kepada JNE kepada nama yang disebut di email yang bekerja di bagian klaim JNE.

Sepuluh hari setelah itu saya ditelepon oleh pihak JNE untuk konfirmasi nomor rekening saya sebagai penerima dana pengganti atas klaim saya terhadap JNE. Dua hari kemudian penggantian dari JNE atas klaim saya pun masuk ke rekening saya. JNE patut diacungkan jempol untuk pelayanan mereka terhadap konsumen terkait klaim yang diajukan oleh konsumen dengan sikap mereka yang tanggap dan responsif.

This entry was posted in HYU Shop, Jakarta and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

