Melacak Kiriman Dari Luar Negeri Tanpa Tracking Number – Part 4

Lanjutan dari posting saya mengenai pencarian kiriman saya dari luar negeri tanpa tracking number:

Part 1

Part 2

Part 3

Setelah pencarian yang saya lakukan di kantor pos Fatmawati pada tanggal 19 November 2014 tersebut, sayapun kembali menunggu kiriman-kiriman untuk saya yang masih juga tidak sampai-sampai. Terhitung pada tanggal 3 Desember 2014 ada sekitar 40 kiriman yang seharusnya sudah sampai tetapi tidak sampai-sampai juga, dengan 15 kiriman yang belum ditemukan pada tanggal 19 November tersebut juga belum sampai-sampai. Dan tentu saja ada beberapa yang sudah lebih dari 60 hari sejak dikirim dan belum sampai. Pada saat saya pergi ke kantor pos Fatmawati pada tanggal 19 November tersebut, saya sempat bertukar nomor telepon dengan petugas di bagian antaran yang pada waktu itu membantu mengantarkan saya ke bagian puri untuk mencarikan kiriman-kiriman yang saya cari. Dengan satu-satunya nomor kontak petugas pos Fatmawati yang saya miliki tersebut, sayapun menghubungi petugas tersebut menanyakan dan memohon bantuannya kembali untuk mencari kiriman-kiriman saya yang belum sampai. Saya mengirimkan SMS pada tanggal 3 Desember 2014, dan dibalas dengan jawaban „Nanti saya tanyakan lagi“, kemudian pada balasan berikutnya adalah „Sekarang lagi disortir..besok mungkin sudah ada..siang tapinya ya“ dan saya diberitahu bahwa kiriman saya tersebut bisa diantarkan ke alamat tujuan seperti sebagaimana seharusnya. Saya menunggu-nunggu kiriman yang katanya sudah ada tersebut tetapi ternyata tidak sampai-sampai lagi ke alamat saya padahal alamat saya sudah sangat jelas dan tidak membingungkan serta sudah pernah ada beberapa kiriman yang dulu pernah berhasil diantarkan ke alamat saya.

Pada tanggal 8 Desember 2014 saya kembali menghubungi petugas tersebut dan menanyakan kiriman saya. Kali ini kami berbicara melalui telepon. Petugas di bagian antaran tersebut mengatakan bahwa dia sudah mencoba meminta ke petugas di bagian puri tersebut untuk memproses kiriman-kiriman saya, tetapi tidak digubris karena dia bukan atasan dari petugas bagian puri tersebut. Akhirnya saya disarankan untuk menghubungi manajernya dan meminta bantuannya untuk mencarikan kiriman yang saya cari. Pada hari itu juga saya menelepon manajer yang dimaksud dan saya diminta untuk memberikan alamat tujuan dari kiriman yang saya cari kepadanya. Sayapun mengirimkan sms berisi nama, alamat, dan nomor telepon dengan lengkap kepada bapak manajer tersebut, beserta dengan penjelasan bahwa kiriman yang saya cari ada sekitar 40 kiriman dan sudah lama tidak sampai-sampai. Saya tidak mendapatkan balasan atau kabar lebih lanjut lagi mengenai kiriman saya. Pada tanggal 11 Desember saya mengirimkan SMS lagi ke bapak manajer tersebut menanyakan mengenai kiriman yang saya cari dan tidak ada tanggapan apa-apa lagi dari yang bersangkutan.

Setelah menunggu sekian lama dan masih juga tidak ada kiriman yang sampai, pada tanggal 23 Desember 2014 saya mencoba menghubungi customer service Pos Indonesia di facebook dan twitter resminya.

reply from pos indonesia on facebook reply from pos indonesia on twitter

Dari jawaban Pos Indonesia di facebook akhirnya saya melakukan pengaduan ke www.posindonesia.co.id sesuai petunjuk yang diberikan dan memberikan keterangan sedetil mungkin atas barang yang saya cari serta keluhan atas pengalaman yang saya alami terkait pencarian saya pada tanggal 19 November 2014 di mana kiriman saya banyak yang tersimpan dalam karung, tidak dikerjakan dan tidak disortir. Pada tanggal 29 Desember 2014 akhirnya ada 5 kiriman yang sampai ke alamat saya. 5 dari sekitar 40 kiriman yang saya cari. Dengan salah satu kiriman yang sudah 85 hari sejak dikirim baru akhirnya sampai di alamat saya. Setelah tanggal 29 Desember 2014 tersebut tidak ada lagi kiriman-kiriman tanpa tracking number yang sampai di alamat saya sampai hari ini ketika tulisan ini ditulis.

Terhitung pada hari ini 11 Januari 2015 ada 38 kiriman yang masih belum sampai juga sebagai berikut:

  • 2 kiriman sudah 118 hari sejak dikirim dan belum sampai
  • 1 kiriman sudah 107 hari sejak dikirim dan belum sampai
  • 1 kiriman: 104 hari
  • 1 kiriman: 99 hari
  • 1 kiriman: 98 hari
  • 1 kiriman: 80 hari
  • 1 kiriman: 78 hari
  • 1 kiriman: 76 hari
  • 2 kiriman: 71 hari
  • 2 kiriman: 69 hari
  • 2 kiriman: 68 hari
  • 4 kiriman: 67 hari
  • 2 kiriman: 66 hari
  • 6 kiriman: 65 hari
  • 3 kiriman: 64 hari
  • 1 kiriman: 63 hari
  • 2 kiriman: 60 hari
  • 2 kiriman: 58 hari
  • 1 kiriman: 57 hari
  • 1 kiriman: 55 hari
  • 1 kiriman: 48 hari

Dari daftar di atas terlihat kinerja Pos Indonesia yang lambat sekali dalam memproses kiriman-kiriman yang dikirim dari luar negeri tanpa tracking number. Saya sudah mengalami kerugian besar akibat kinerja Pos Indonesia yang seperti ini. Barang-barang yang saya beli banyak yang tidak sampai.

This entry was posted in HYU Shop, Jakarta and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

